Waspadai Kiriman Email dari Facebook

2010-05-02 @ 21:13, , Posted by Unknown, 15 Comments

Pernahkah kita menerima file asing berbentuk .zip, yang mengatasnamakan Facebook? Jika pernah berhati-hatilah. Bisa jadi itu adalah virus baru bernama Oficla.
Sebenarnya Oficla ini mirip dengan Bredolab atau Pendex di tahun 2009, karena payloadnya memang mirip. Norman antivirus mendeteksinya sebagai W32/Oficla.FA.


Walau varian awalnya sudah terdeteksi oleh program antivirus di akhir tahun 2009, virus ini memiliki kemampuan mengupdate dirinya setiap kali di deteksi oleh program antivirus dan setiap kali menginfeksi ia akan mendownload virus baru ke situs yang telah dipersiapkannya.

Berdasar keterangan Vaksincom yang diterima detikINET, Kamis (29/4/2010) jika menerima virus ini, bukan cuma scam (email bohong) yang diterima, tetapi email mengandung virus yang akan menginstalkan program jahat dengan isi yang direkayasa sedemikian rupa sehingga sangat meyakinkan sehingga pengguna awam Facebook akan langsung menjalankan lampiran tersebut tanpa berpikir dua kali.

Hal ini terjadi karena perkembangan pembuat malware saat ini sudah bukan programmer iseng yang ingin menunjukkan jati dirinya dengan membuat virus, tetapi sudah menjadi kejahatan terorganisir dimana membuat virus dan mengarahkan ke Rogue Antivirus / Fake Antivirus sudah menjadi mata pencaharian bagi sebagian kalangan.


Apa Akibatnya?

Akibat yang ditimbulkan oleh virus ini dapat dibilang sangat merepotkan, bukan hanya password Facebook anda yang dapat hilang, tetapi dengan menjalankan virus ini anda sudah memberikan akses pada semua kredensial (username dan password) di komputer anda, termasuk data kartu kredit dan data keuangan lain yang pernah atau akan anda gunakan untuk transaksi online.

Karena itu, salah satu cara yang terbaik untuk terhindar dari virus ini adalah jangan mudah mempercayai apa yang datang di email karena semuanya bisa dipalsukan. Jangankan pesan, gambar atau background yang bisa dibuat semirip mungkin dengan situs Facebook, pengirim (from) juga dapat dipalsukan seakan-akan dari administrator Facebook.

15 Comments

Wah bisa bahaya tuh.tar gak aku buka aja wis jika dikirimi zip.suwun

Reply
Tomo on May 3, 2010 at 9:28 AM

Wuihhh, tp email itu pasti dari hackers... skrg lg marak penjualan akun FB lho... hati2
---------------------------------
Maaf, numpang kasih info nih... :)
Iklan Baris Gratis - Belajar Bisnis Online - Info Resep Herbal

Reply
Abu Hz - Belajar Bisnis on May 4, 2010 at 5:06 AM

Saran saya, setting facebook agar tidak mengirim pemberitahuan apapun di email kita. Kalaupun bukan virus, ia akan memenuhi email dan membuat email penting bisa terlewati. Dengan demikian kalau ada email yang mengatasnamakan facebook kita bisa menebak kalau itu spam.

Salam ukhuwah

Reply
BeDa on May 7, 2010 at 8:27 AM

waduh, sebaiknya ikut kata BeDa aja deh!sedia payung sebelum hujan

Reply
ORC blog on May 8, 2010 at 4:32 PM

emank sekarang tuh fb dah nggk trlalu aman lagi, jadi waspada ajaaa..... :)

Reply
fadiL the whyzein on May 8, 2010 at 4:35 PM

Nice info mass,,
saya jg setian ada email dari fb langsung saya hpus, cm menuhin inbox....

Reply
Fahmi on May 8, 2010 at 4:37 PM

wah, bahaya nih...
makasi infonya mas harri

Reply
ORC blog on May 10, 2010 at 3:44 PM

wah ada yah email virus dari facebook??? hmmmm.

wah harus di bantai nih FB dari email.... hehehe

update terus kawan...

Reply
Urang Bogor on May 11, 2010 at 11:34 AM

mantab infonya....

Reply
Hary on May 11, 2010 at 11:49 AM

alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah mendapat kiriman semacam itu sob. untung aja saya baca postingan ini, jadi saya bisa lebih waspada ...

Reply
Riky Rizkiyana on May 11, 2010 at 2:19 PM

thankz infonya kk...

eith, Aku abiez ganti domain negh zob! Jadi harus link building lagi dari awal. Kalo sobat ada waktu, tolong ganti URL tukar link kita yang dulu dengan domain baru saya http://www.ikhzan-blog.co.cc/ biar tukaran link yang dulu kembali terindeks. Makasih sebelumnya, dan maaf bila merepotkan

Reply
ikhzan on May 14, 2010 at 7:33 AM

jadi tau virus baru,,
terima kasih infonya sob

Reply
hendro-prayitno on May 16, 2010 at 8:24 PM

iya nih gan, dulu saya sering dapet email kayak gitu

Reply
Ardiawan.com on May 28, 2010 at 7:03 PM

facebook ? katanya bisa kaya ya dari facebook,saya pengen nyobain tapi , pikir 2 juga neh klo kebobol virus , klo dapat penghasilan dari FB,ee ada yng ikut menikmati hasilnya dengan cara membobol ? nah ...

Reply
arysakty on June 15, 2010 at 4:40 PM

Matur thank you informasinya. Untuk berjaga-jaga.

Reply
mazedo on September 7, 2010 at 5:09 PM

Post a Comment

Komentar spam akan kami hapus