10 Hal yang Wajib Diketahui tentang Hati

2009-09-30 @ 13:46, , Posted by Mas Hari, 14 Comments


Setiap orang punya hati. Namun, mungkin banyak di antara kita yang tidak pernah sadar bahwa sepanjang waktu hati melakukan lebih dari 500 fungsi sehingga pemiliknya bisa menjalani kehidupan dengan nyaman. Karena itu, kita tak bisa hidup tanpa hati. Apa saja hal-hal yang perlu kita ketahui tentang hati?


1. Hati adalah organ terbesar kedua dalam tubuh (setelah kulit) dan beratnya sekitar 1,25 kg.

2. Ukuran hati kira-kira sebesar bola rugby.

3. Hati terletak di bawah rusuk, di bagian kanan atas perut.

4. Hati memiliki lebih dari 500 fungsi, beberapa di antaranya adalah melawan infeksi, memproses makanan yang sudah diserap usus, dan detoksifikasi.

5. Hati memiliki pasokan darah yang unik dari dua sumber. Pasokan darah dari arteri hepatika dan dari vena porta yang berasal dari usus. Semua darah yang berasal dari usus akan mencapai jantung dan paru setelah melewati hati.

6. Hati memiliki kapasitas yang besar untuk tumbuh kembali. Bahkan, bila tiga perempat bagian dari hati diambil, sisanya akan tumbuh kembali sampai ke ukuran dan bentuk normal.

7. Kerusakan hati menghambat kemampuannya melawan infeksi serta menjalankan fungsi-fungsi penting lainnya.

8. Hepatitis C adalah virus yang menyebar melalui darah yang terinfeksi dan menyerang hati serta menyebabkan kerusakan hati.

9. Ada banyak jenis penyakti hati, tetapi yang paling sering adalah virus hepatitis, sirosis (pengerasan hati), batu empedu, dan kanker hati.

10. Sebanyak 75 persen penderita penyakit hati kronis tak mungkin diselamatkan bila tidak menemukan donor yang sesuai.

14 Comments

Sip-sip gak sengaja kesini eh malah dapet info tentang HAti
makasih infonya boss

Reply
Tutorial Joomla on September 30, 2009 at 2:30 PM

Sip-sip gak sengaja kesini eh malah dapet info tentang HAti
makasih infonya boss

Reply
Tutorial Joomla on September 30, 2009 at 2:30 PM

komplit om penjelasan tentang hatinya

Reply
Ocim on September 30, 2009 at 2:30 PM

mantep bang 'rryyyyyy
makasih yaaaa

Reply
mas doyok on September 30, 2009 at 2:35 PM

semakin mantap aja mas blognya wah followersnya juga udah banyak tuh tambah sukses yach

Reply
Munir Ardi on September 30, 2009 at 9:04 PM

hebat nich artikelnya...

mas, kita tukeran link ya...

sering2 saling berkunjung ke blog saya ya..

Reply
Luthfi Fuadi Majid on September 30, 2009 at 9:10 PM

hati
itu organ yang vital
wajib kita pelihara tu
mantap sob
semoga kita semua punya hati yang sehat dan bersih,amin

Reply
Joker on October 1, 2009 at 7:41 AM

keren mas......

.makasi ya infonya..

Reply
bobby on October 1, 2009 at 12:37 PM

.berkunjung....

.salam kenal.

Reply
joko on October 1, 2009 at 12:38 PM

sip.! lanjut gan!

Reply
Danu Akbar on October 1, 2009 at 2:39 PM

keren2...
artikelnya sangat menarik nih

Reply
Dheny Gnasher on October 1, 2009 at 3:25 PM

Sebuah cerita yang menarik,dimana kekuatan senyuman dapat menyejukkan hati yang tengah kecewa..Top cerita2nya..

Reply
Bangjo on October 1, 2009 at 3:36 PM

waduh,..Maap,jadi salah komentar nih,..gara2 koneksi lemot,.Hehehe..
itu tadi buat artikelnya dheny..hihihi..

Btw,kalo sakit Hati emang bahaya y?bener2..

Reply
Bangjo on October 1, 2009 at 3:38 PM

siiiip nambah ilmu ipa ku nich makasih harri

Reply
54k1j0 on October 1, 2009 at 3:45 PM

Post a Comment

Komentar spam akan kami hapus