Makin Mudah Mengatur Tab di Browser Web

2010-11-30 @ 07:42, , Posted by Mas Hari, 4 Comments

Tab browsing adalah salah satu fitur penting pada semua browser karena menyederhanakan jumlah jendela yang harus dibuka. Namun, semakin banyak tab juga seringkali menimbulkan masalah baru karena pengguna tidak hafal di mana posisi setiap halaman web yang telah dibuka.

Nah, untuk mengatur tab-tab yang begitu banyak, browser terbaru Opera 11 beta memperkenalkan Tab Stacking (tumpukan tab). Fitur ini berguna untuk mengelompokkan tab-tab tersebut dalam beberapa bagian tanpa harus menambah jendela dan meninggalkan halaman web. Misalnya, mengelompokkan tab berdasarkan kategori atau tema tertentu.

"Sama seperti menumpuk kertas untuk referensi yang akan datang, Tab Stacking adalah sebuah cara mudah untuk mengatur dan mengumpulkan tab yang Anda buka," ujar Jan Standal, VP dari Desktop Products Opera Software, dalam siaran persnya, Rabu (24/11/2010).

Cukup tarik satu tab di atas tab lainnya untuk mengelompokkan. Melayangkan mouse di atas sebuah tab akan menampilkan tumpukan dengan preview visual. Klik ikon panah untuk membentangkan tumpukan yang ada sepanjang barisan tab.
Pengelompokan tab seperti ini juga diperkenalkan Firefox 4 beta, browser terbaru buatan Mozilla. Namanya Panorama. Hanya saja, pengaturan Panorama berbeda dengan Tab Stacking pada Opera 11 beta. Pada Firefox 4 beta, pengguna harus masuk ke menu View> Tab Groups dan memanggil kumpulan tab yang dibuat, tidak muncul sebagai benar-benar tumpukan di browser seperti pada Opera 11 beta namaun seolah seperti jendela baru berisi kumpulan tab tersebut. 

Selain tumpukan tab, Opera 11 beta juga memperkenalkan fitur pengaya alias add-ons browser yang meningkatkan kemampuan Opera. Tiga minggu sejak extensions diluncurkan di versi alpha dari Opera 11, lebih dari 500.000 pengaya telah diunduh. Untuk mendorong penambahan
extension yang tersedia, setiap harinya ada 10 - 20 extensions baru yang dibuat para developer. Katalog pengaya tersedia di https://addons.labs.opera.com/.

Fitur lainnya disebut Mouse Gestures yang menyediakan cara sederhana dan efektif untuk mengkontrol Opera hanya dengan beberapa jentikan mouse dengan mudah. Sejak perkenalannya di Opera 5, fitur isyarat mouse ini telah terbukti sebagai salah satu fitur Opera yang paling disukai. Opera 11 beta dapat diunduh dari http://www.opera.com/browser/next.

4 Comments

owh gthu,,

nice post,,

Reply
zanck on November 30, 2010 at 11:56 AM

Tau ajah fitur baru browser ini (Opera & Mozilla)...!! Tapi perasaan Opera kadang-kadang ga' bisa menampilkan web/blog dengan sempurna, berat lagi, bener ga' bro...?

Reply
SaputraMZ | mobil keluarga ideal terbaik indonesia on November 30, 2010 at 6:09 PM

@SaputraMZ | mobil keluarga ideal terbaik indonesia : Bener... saya dulu pernah pake opera selama beberapa bulan, tapi karna kurang nyaman saya pindah ke mozilla ff

Reply
Mas Harri on November 30, 2010 at 6:32 PM

tak coba mengunduh operanya

Reply
tomo on November 30, 2010 at 8:35 PM

Post a Comment

Komentar spam akan kami hapus