Misteri Bilangan Lubang Hitam 123

2009-10-10 @ 16:54, , Posted by Mas Hari, 20 Comments


Di Akhir pekan ini saya masih ingin berbagi tulisan tentang Matematika karena saya masih sekolah Kelas 9 smp dan sangat menyukai pelajaran matematika.
Dalam astronomi dan fisika, kita mengenal adanya suatu fenomena alam yang sangat menarik yaitu lubang hitam (black hole). Lubang hitam adalah suatu entitas yang memiliki medan gravitasi yang sangat kuat sehingga setiap benda yang telah jatuh di wilayah horizon peristiwa (daerah di sekitar inti lubang hitam), tidak akan bisa kabur lagi. Bahkan radiasi elektromagnetik seperti cahaya pun tidak dapat melarikan diri, akibatnya lubang hitam menjadi "tidak kelihatan".


Ternyata, dalam matematika juga ada fenomena unik yang mirip dengan fenomena lubang hitam yaitu bilangan lubang hitam. Bagaimana sebenarnya bilangan lubang hitam itu? Mari kita bermain-main sebentar dengan angka.

Coba pilih sesuka hati Anda sebuah bilangan asli (bilangan mulai dari 1 sampai tak hingga). Sebagai contoh, katakanlah 141.985. Kemudian hitunglah jumlah digit genap, digit ganjil, dan total digit bilangan tersebut. Dalam kasus ini, kita dapatkan 2 (dua buah digit genap), 4 (empat buah digit ganjil), dan 6 (enam adalah jumlah total digit). Lalu gunakan digit-digit ini (2, 4, dan 6) untuk membentuk bilangan berikutnya, yaitu 246.

Ulangi hitung jumlah digit genap, digit ganjil, dan total digit pada bilangan 246 ini. Kita dapatkan 3 (digit genap), 0 (digit ganjil), dan 3 (jumlah total digit), sehingga kita peroleh 303. Ulangi lagi hitung jumlah digit genap, ganjil, dan total digit pada bilangan 303. (Catatan: 0 adalah bilangan genap). Kita dapatkan 1, 2, 3 yang dapat dituliskan 123.

Jika kita mengulangi langkah di atas terhadap bilangan 123, kita akan dapatkan 123 lagi. Dengan demikian, bilangan 123 melalui proses ini adalah lubang hitam bagi seluruh bilangan lainnya. Semua bilangan di alam semesta akan ditarik menjadi bilangan 123 melalui proses ini, tak satu pun yang akan lolos.

Tapi benarkah semua bilangan akan menjadi 123? Sekarang mari kita coba suatu bilangan yang bernilai sangat besar, sebagai contoh katakanlah 122333444455555666666777777788888888999999999. Jumlah digit genap, ganjil, dan total adalah 20, 25, dan 45. Jadi, bilangan berikutnya adalah 202.545. Lakukan lagi iterasi (pengulangan), kita peroleh 4, 2, dan 6; jadi sekarang kita peroleh 426. Iterasi sekali lagi terhadap 426 akan menghasilkan 303 dan iterasi terakhir dari 303 akan diperoleh 123. Sampai pada titik ini, iterasi berapa kali pun terhadap 123 akan tetap diperoleh 123 lagi. Dengan demikian, 123 adalah titik absolut sang lubang hitam dalam dunia bilangan.

Namun, apakah mungkin saja ada suatu bilangan, terselip di antara rimba raya alam semesta bilangan yang jumlahnya tak terhingga ini, yang dapat lolos dari jeratan maut sang bilangan lubang hitam, sang 123 yang misterius ini?

20 Comments

o bener juga baru tahu hehehe

Reply
mas doyok on October 10, 2009 at 4:58 PM
This comment has been removed by a blog administrator.
mas doyok on October 10, 2009 at 4:58 PM

baru tau tuh.....infonya mantap saya suka...terus berkarya

Reply
Septian Gusonela on October 10, 2009 at 5:00 PM

bagus ,pengetahuan baru brow..

Reply
Mas acrom on October 10, 2009 at 5:07 PM

wow... keren bgt,.
ane kagak kepikir..... hehe

Reply
danuakbar.com on October 10, 2009 at 5:17 PM

blogger skr emang keren abis
udah tulisanya keren
blognya keren
alexanya keren
orangnya pasti keren
hihihi
saluttsss.....

Reply
nada on October 10, 2009 at 7:21 PM

salut banget tambah hari tambah jago deh nulisnya

Reply
Munir Ardi on October 10, 2009 at 8:42 PM

thanks untuk info nya
tp kayaknya ini udah nyebar di email ya

Reply
awi on October 10, 2009 at 10:44 PM

nilai plus buat mas heri
pinter ngeblog pinter matematika lagi
salut

up date terus ya . . .

Reply
asepblog'z on October 10, 2009 at 11:10 PM

waduh matematika gak pernah dapet 6 aku :( 5 kebawah terus

Reply
Long Tail Keywords on October 10, 2009 at 11:13 PM

@Long Tail Keywords : aku pernah dapet 5 tapi cuma sekali

Reply
Harri on October 11, 2009 at 5:38 AM

wah gile bener.. manteb bro!!

Reply
Helmi on October 11, 2009 at 7:03 AM

yach belajar blingan biar pintar itu penting

Reply
ndafender on October 11, 2009 at 7:07 AM

aduh,bingung aku . .
aku kan ga pinter matematika

Reply
Joker on October 11, 2009 at 8:04 AM

O jadi begitu ya?? baru tau nich mas terima kasih mas

Reply
Hitler Jr. on October 11, 2009 at 4:21 PM

pinter jg lo,,,, seperti alam semesta ini,, akan kembali ke tempat asalnya :)

Reply
roomen on October 11, 2009 at 4:33 PM

@semuanya makasih udah comment

Reply
Harri on October 11, 2009 at 4:34 PM

Asli...!!! sebelumnya aku ga tau ttg ini. Bener2 menarik nih ulasannya, pinter banget bro !

Reply
Lina Marliana on October 11, 2009 at 5:05 PM

artikel keren nie menambah wawa san

Reply
HR_ELCOM on October 14, 2009 at 5:25 PM

kereannn

Reply
HR_ELCOM on October 14, 2009 at 5:25 PM

Post a Comment

Komentar spam akan kami hapus