Perintah Office Pakai Suara

2010-01-01 @ 04:50, , Posted by Mas Hari, 2 Comments

Idem dengan Windows Media Player, Anda juga dapat memerintah Office menggunakan suara atau biasa disebut speech recognition. Selain itu, Anda dapat pula mendikte atau memilih menu, toolbar, dan kotak dialog pakai suara (dengan bahasa Inggris).

Belum pernah menggunakan aplikasi ini? Anda bisa melakukan instalasi dengan mengklik “Speech” pada menu Tools di Microsoft Word, atau menjalankan Custom installation pada saat instalasi Microsoft Office. Setelah terinstal, tombol Speech akan muncul di menu Tools di semua program Microsoft Office.


Untuk mulai menggunakannya, Anda memerlukan sebuah mikrofon yang terhubung dengan sound card atau USB, komputer dengan kecepatan minimal 400MHz atau lebih, RAM minimal 128MB atau lebih, dan Windows 98 sampai yang terbaru.

Ada dua pilihan mode yang disediakan fitur ini, yakni Voice Command dan Dictation. Mode Voice Command memungkinkan Anda memberikan perintah pada Microsoft Word, misalnya untuk memilih menu, toolbar, kotak dialog, atau untuk mengubah format dokumen. Sedangkan untuk mendikte Microsoft Word sehingga Anda tidak perlu lagi mengetikkannya dengan keyboard, pilih mode Dictation. Untuk berpindah antara mode Voice Command dan Dictation, klik saja tombol pada Language bar atau dengan mengatakan "voice command" atau "dictation" di mikrofon.

Contoh speech recognition untuk mengubah font via suara:
  1. Untuk membuka kotak Font pada toolbar Formatting, katakan: "font".
  2. Untuk mengganti font dari Times New Roman ke Verdana, katakan: "verdana".

2 Comments

aku baru dengar ni..
makasih ya dah share ilum'y..
ntar tak coba dech

Reply
Fais cWaKep on January 1, 2010 at 12:15 PM

wh kueren...

Reply
akhatam on January 1, 2010 at 1:52 PM

Post a Comment

Komentar spam akan kami hapus