Jurus Tambahan biar Hidup Lebih Sehat

2009-12-02 @ 20:37, , Posted by Mas Hari, No Comment

Tambahkan satu jam untuk tidur

Dalam sehari, setiap orang rata-rata perlu 8 jam untuk tidur. Namun yang terjadi, banyak yang hanya tidur 6-7 jam, atau bahkan kurang dari itu. Untuk menyiasati kekurangan tersebut, cobalah menambahkan waktu tidur 1-2 jam di akhir pekan. Hasil penelitian menunjukkan, kekurangan tidur berdampak buruk pada kemampuan untuk mengingat sampai perbaikan sistem syaraf dan juga otot. Cara lain untuk menyiasati kekurangan tidur adalah dengan menetapkan waktu tidur dan bangun yang sama, meski pada hari libur sekalipun. Tak ada salahnya juga "mencuri" waktu istirahat 15-20 menit antara jam 13.00-16.00 yang bisa mempertajam daya ingat dan mengurangi rasa lelah. Dan jangan lupa, olahraga teratur. Ini dapat membuat tidur Anda lebih baik dan lebih nyenyak.

Lebihkan 3 gelas air minum setiap hari.

Saat merasa haus, tubuh Anda sudah kekurangan air sebanyak 2 persen. Untuk itu, minumlah air putih sebelum Anda merasa kehausan. Sebagai variasi dan penambah kesegaran, tambahkan perasan jeruk nipis dalam minuman. Atau minum segelas jus buah juga bisa menjadi alternatif bila bosan minum air putih. Bila Anda sudah kecanduan kafein atau minuman bersoda, sebaiknya imbangi dengan minum air putih. Maksudnya, tentu saja untuk menahan keinginan Anda mengonsumsi kafein secara berlebihan. Penggunaan gelas minum yang lebih besar juga bisa menjadi solusi agar Anda bisa minum air putih lebih banyak.

Tambahkan tomat pada roti bakar Anda

Setiap hari, manusia butuh 33 persen serat yang didapat dari sayur ataupun buah. Hanya saja, kebanyakan orang mengonsumsi sayuran hanya pada saat makan siang maupun malam. Ada baiknya, menambahkan sayuran pada saat makan pagi. Caranya dengan memasukkan bayam ataupun sawi dalam telur dadar, menambahkan dua potong tomat dalam roti bakar, atau minum segelas jus wortel. Selain lebih sehat juga bisa menahan rasa lapar hingga makan siang tiba.

Tambahkan gerakan lain dalam olahraga rutin Anda

Kombinasikan beberapa gerakan dalam latihan untuk mendapat hasil yang maksimal. Jangan hanya memberi perhatian terhadap satu macam gerakan.

Bacalah e-mail sebagai selingan

Stres yang tidak tersalurkan bisa berdampak di hampir setiap fungsi tubuh yang bisa menyebabkan insomnia, tekanan darah tinggi, sembelit, depresi, dan kecemasan yang dipicu oleh rasa sakit. Bila ini berlangsung lama, maka akan menyebabkan penyakit jantung, penurunan sistem kekebalan tubuh dan hipertensi. Untuk melepaskan stres, cobalah meluangkan lima menit dari setiap jam kesibukan Anda. Berjalan-jalan, membaca e-mail atau melakukan sesuatu yang bisa membuat Anda senang sudah membuat hari Anda menjadi berbeda dari biasanya. Dan yang tak kalah penting, belajarlah untuk mengendalikan amarah.

Turunkan berat badan Anda

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan 5-10 persen dari total berat badan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah. Untuk menurunkan berat badan, Anda bisa melakukannya dengan cara mengonsumsi 6-7 porsi kecil makanan daripada mengonsumsi 3 porsi tetapi dalam ukuran yang besar. Hitung jumlah serat yang masuk, bukan jumlah kalori. Makanan yang kaya akan serat biasanya memiliki kalori yang lebih rendah, makan sayur dan buah terlebih dahulu sebelum menyantap makanan utama. Hal ini bisa mengurangi asupan kalori sampai 26 persen.

No Comment

Post a Comment

Komentar spam akan kami hapus